Minggu, 28 Desember 2014

Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OFDM)

Apa kalian tau apa itu Orthogonal Frequency Divison Multiplexing atau yang biasa sering disebut dengan OFDM?
Sedikit saya kasih bocoran, kalo OFDM itu adalah suatu teknik komunikasi digital terbaru. Teknik ini merupakan teknik yang digunakan dibidang telekomunikasi untuk membuat data yang dikirim dari transmitter (pengirim) terkirim secara baik dengan memperkecil kemungkinan terjadi kerusakan selama data tersebut dikirim menuju ke receiver (penerima). Kita ambil contoh seperti ini, kita akan menelpon seseorang yang berada jauh disana. Selama kita berkomunikasi itu, pasti yang kita mau agar tidak ada gangguan seperti suaranya putus-putus atau gangguan seperti bunyi 'kantong kresek'. Nah dengan teknik komunikasi digital terbaru ini, dengan gangguan sebesar apapun dapat diminimalisirkan kerusakan data yang disebabkan oleh gangguan-gangguan yang ada. Dan kelebihan lainnya yaitu untuk mempercepat proses pengiriman data. Salah satunya yaitu teknik ini digunakan dalam teknologi 4G. Tapi, teknik ini bukan hanya untuk telekomunikasi dibidang telpon aja, OFDM ini juga telah banyak digunakan pada bidang Internet. Namun sayangnya, OFDM ini belum begitu berkembang di Indonesia mungkin karena ini jenis teknologi baru yang mungkin biayanya agak terbilang tidak begitu murah.
Saya telah melakukan suatu penelitian Tugas Akhir dibidang OFDM ini. Karena OFDM itu menggunakan berbagai macam teknik sinkronisasi di dalamnya, sebagai suatu penilitian yang baru saya dibantu oleh Pembimbing saya untuk melakukan teknik OFDM ini hanya dengan satu teknik sinkronisasi saja yang bertujuan untuk melihat suatu keberhasilan dari OFDM dengan menge-cek satu persatu teknik sinkronisasi yang digunakan hingga menjadi teknik OFDM yang sempurna. Di salam Tugas Akhir saya, Teknik sinkronisasi yang saya gunakan yaitu Teknik Sinkronisasi Frame.
Berikut saya kasih bocoran Abstrak dari Tugas Akhir saya mengenai "Desai dan Simulasi Modem Orthogonal Division Multiplexing (OFDM) dengan menggunakan Teknik Sinkronisasi Frame pada Receiver".



ABSTRAK


Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OFDM) merupakan suatu teknik komunikasi digital yang mampu membawa data dengan cepat dan tangguh dalam mengatasi gangguan saat data ditransmisikan. OFDM terdiri dari beberapa teknik sinkronisasi untuk membuat data semakin tangguh terhadap gangguan. Dalam tugas akhir ini, hanya digunakan satu teknik sinkronisasi saja yaitu teknik sinkronisasi frame.  Simulasi yang dibangun menggunakan program MATLAB. Teknik modulasi digital yang digunakan yaitu modulasi Phase Shift Keying (PSK) dengan perbandingan modulasi BPSK, QPSK, 8-PSK, 16-PSK, 32-PSK dan 64-PSK. Untuk menguji data, simulasi yang digunakan berupa Additve White Gaussian Noise (AWGN) beserta delay dengan frekuensi pembawa sebesar 8000 Hz. Serta variasi panjang carrier yang digunakan yaitu 32, 64 dan 128 carrier. Dari hasil simulasi yang dilakukan yangmana didapatkan perbandingan bahwa semakin kecil tingkat modulasi maka semakin rendah tingkat eror yang terjadi.

Kata kunci : OFDM, sinkronisasi frame, modulasi PSK, panjang carrier, AWGN, delay

Untuk kalian yang tertarik mengenai OFDM terutama mengenai Tugas Akhir saya, info lebih lanjut bisa personal chat yaa. I'll so welcome for that :) Thank you



Tidak ada komentar:

Posting Komentar