Kamis, 28 Februari 2013

BAB 1 (Kerja Praktek) PT. Pertamina (Persero) RU III Plaju


BAB I
PENDAHULUAN


I.1        Latar Belakang

Peningkatan jumlah penduduk dan peradaban dunia menyebabkan kebutuhan akan energi semakin bertambah. Hal ini menuntut ketersediaan energi yang memadai. Saat ini, minyak dan gas bumi merupakan sumber energi dan andalan dan paling banyak dibutuhkan di berbagai sektor kehidupan. Di lain sisi, minyak dan gas bumi adalah energi yang tidak dapat diperbaharui. Hal ini memacu usaha- usaha yang efektif dan efisien untuk memenuhi kebutuhan minyak dan gas bumi.
PT. Pertamina (Persero) RU III Plaju sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri perminyakan terus berperan aktif dalam rangka memenuhi kebutuhan minyak dan gas bumi.
Kerja praktek merupakan salah satu wujud perluasan pemikiran mahasiswa mengenal ruang lingkup yang telah diketahui dan yang belum diketahui. Hal tersebut dapat memicu keingintahuan dengan wawasan pendukungnya. Secara umum kerja praktek adalah mata kuliah yang mengacu pada penerapan teori yang telah didapat mahasiswa di kuliah terhadap praktek lapangan, yang berkenaan dengan partisipasi aktif mahasiswa dalam meneliti, mengolah dan menganalisa dalam pengawasan serta penilaian oleh instansi terkait baik itu pemerintah maupun swasta.
Oleh karena itu penulis mencoba meninjau aktifitas kegiatan kerja praktek yang dilakukan PT. Pertamina (Persero) RU III Plaju memulai kegiatan kerja praktek yang dilakukan selama satu bulan dilapangan (28 Januari -28 Februari 2013).
Kerja praktek ini juga sangat membantu penulis bisa melihat langsung penerapan ilmu yang didapat dibangku kuliah lapangan. Dan secara tidak langsung akan sangat memotivasi penulis untuk belajar lebih semangat lagi dalam mempelajari hal- hal yang diperlukan dilapangan.
Setelah dilaksanakannya kerja praktek tersebut, mahasiswa diharapkan dapat melihat dan memahami secara langsung aplikasi atau penerapan ilmu Fisika khususnya mengenai sistem instrumentasi pada suatu perusahaan tempat dilaksanakannya kerja praktek tersebut. Dengan demikian, pengetahuan dan wawasan materi terhadap pengetahuan disiplin ilmu akan lebih terarah serta lebih memahami pengoperasian ataupun mampu mengembangkan teknologi dalam penerapan bidang ilmu Fisika khususnya bidang Elektronika Instrumentasi guna menghadapi era globalisasi yang makin kompetitif.
Berdasarkan kurikulum Jurusan Fisika Fakultas MIPA memandang sangat perlu diadakan kerja praktek guna menciptakan mahasiswa yang terampil baik secara teoritis maupun praktek. Disamping itu juga melatih mahasiswa untuk dapat bekerjasama dengan baik terhadap lingkungan masyarakat ditempat bekerja.


I.2        Tujuan dan Manfaat
Tujuan dari penulisan laporan kerja praktek ini adalah mengenal dan memahami proses instrumentasi dan sistem control dari segi prosedur pelaksanaan, pengoperasian alat dan penanganan masalah yang timbul dilapangan.
Adapun manfaat penulisan laporan kerja praktek ini adalah mempelajari dan memahami Sistem Pengontrolan pada Column I-2 di Crude Distillation Unit III PT. Pertamina (Persero) RU III Plaju.

I.3        Pembahasan Masalah
Dalam kerja praktek ini penulis hanya meninjau tentang kegiatan lapangan instrumentasi dan mempelajari Sistem Pengontrolan pada Column I-2 di Crude Distillation Unit III PT. Pertamina (Persero) RU III Plaju.


I.4        Metode Penulisan
Metode yang digunakan dalam penyusunan laporan kerja praktek ini antara lain :
I.4.1  Observasi
Melakukan tinjauan langsung tentang Sistem Pengontrolan pada Column I -2 di Crude Distillation Unit III PT. Pertamina (Persero) RU III Plaju.
I.4.2  Wawancara
Melakukan wawancara langsung dengan para teknisi atau instruktur di PT. Pertamina (Persero) RU III Plaju.
I.4.3  Referensi
Berdasarkan buku serta data - data yang terdapat di PT. Pertamina (Persero) RU III Plaju.


I.5        Sistematika Penulisan
Dalam penulisan laporan ini, penulis mencoba mambahas susunan laporan dengan berdasarkan pada sistematika berikut :


BAB I      PENDAHULUAN
Bab ini merupakan bab yang terdiri dari pembahasan mengenai latar belakang judul, perumusan masalah, tujuan dan manfaat, metodologi penulisan dan sistematika penulisan.
BAB II    TINJAUAN UMUM
Pada bab ini akan dibahas mengenai informasi- informasi penting tentang PT. Pertamina (Persero) RU III plaju.
BAB III   TINJAUAN PUSTAKA
Bab ini membahas tentang teori-teori pendukung untuk pembahasan tentang Sistem Pengontrolan pada Column I -2 di Crude Distillation Unit III PT. Pertamina (Persero) di RU III Plaju
BAB IV          PEMBAHASAN
Bab ini membahas tentang Sistem Pengontrolan pada Column I -2 di Crude Distillation Unit III PT. Pertamina (Persero) RU III Plaju.
BAB V    PENUTUP                                        
Dalam bab ini menuliskan kesimpulan dan saran- saran yang berguna bagi perkembangan  PT. Pertamina (Persero) RU III Plaju.


32 komentar:

  1. kalo mau silahkan kirim alamat emailnya biar saya kirim yang bab 3 via email. terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak,mnta tolog dong bab 3 ny klo bole dkirim k email saya..

      Hapus
    2. geubrinarahmat123@gmail.com

      Hapus
    3. assalamualaikum mbak. artikelnya sangat menarik sekali mbak. boleh minta bab 3 nya juga ya mbak. ini email saya mbak: adzimahnur07@gmail.com

      Hapus
  2. mbak, mau juga dong BAB III nya.. :-D

    BalasHapus
  3. Mbak adakah referensi judul* KP di pertamina yg lainnya kalau ada boleh minta nggak mbak buat judul KP
    Ini email saya mbak:
    Tama.jabrik@gmail.com

    BalasHapus
  4. mbak tolong kirim bab 3 nya ke email saya ya, artikel nya sangat membantu. terimakasih.. email : rafantyanandaagustini@yahoo.co.id

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum mba dwi rahayu. Ijin meminta laporan kp nya di plaju apakah diperbolehkan mba? Kebetulan saya akan kp di plaju senin depan. Bantuan ands akan sangat berarti bagi saya. Terimakasih sebelumnya. Email saya farhanhekmatyar89@gmail.com terimakasih mbak dwi

    BalasHapus
  6. mbak tolong kirim lengkap data, bab2 dan 3 nya...
    bmbak cd 3 kan ? kirimke ahmadsharulg@gmail.com

    BalasHapus
  7. boleh minta info ttg bab 2 nya ?
    noviandricakep@gmail.com
    terimakasih.

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum mba.. Saya tertarik dengan artikel mba :D boleh minta bab 3 nya juga ya mba.. Email saya azkafathia977@gmail.com

    BalasHapus
  9. Assalamu'alaikum mbak.. blh minta bab 3 nya juga mbak?.. klau blh.. mohon dikirim ke email saya ya mbak. Vickimawardi@gmail.com

    BalasHapus
  10. salam mbak dwi,,boleh gk saya minta softcopy nya mbak,,ini alamat email saya mbak mariaanjelina55@gmail.com
    mohon bantuan nya ya mbak
    terimakasih :)

    BalasHapus
  11. Mbak boleh minta juga gak izin mbak minta ?

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum mbak dewi izin minta laporan KP-nya boleh ?
    Tolong mbak bingung banget karna gak ada referensi sama sekali .
    Makasih sebelumnya ini email saya : resapahlevi38@gmail.com

    BalasHapus
  13. Mbak boleh minta file lengkap nya mbak? Kalo boleh tolong kirim lewat email ya mbak ekaags23@gmail.com terimakasih sebelum ny mbak

    BalasHapus
  14. mbak sya juga mau ijin minta laporan lengkapnya klo blh krim ke email saya raedymarwan@gmail.com terimaksih

    BalasHapus
  15. Mbak saya boleh minta file laporan lengkapnya? kalau boleh tolong kirim ke alamat alfianiputri95@gmail.com Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  16. Kak saya boleh minta filenya?
    Kalau boleh tolong kirim ke email saya ya kak
    @pu2t.putri94@gmail.com
    Thanks kak

    BalasHapus
  17. permisi mbk, bisa mnta proposal KP lengkapnya? oh iy, klo mbk punya usulan judul untuk KP, saya mnta jg dong mbk.. :-)
    emqil saya ardianwahyuni31@gmail.com

    BalasHapus
  18. assalamualaikum izin minta datanya mbak y kirim ke rizqo25@gmail.com tolong y mbak

    BalasHapus
  19. mbak bisa mintak file bab 2 sama 3 nya? tlong bantuannya mbak kirim ke email ptiwi0526@gamil.com

    BalasHapus
  20. mbak bisa mintak file bab 2 sama 3 nya? tlong bantuannya mbak kirim ke email ptiwi0526@gmail.com

    BalasHapus
  21. mbak noleh minta file bab 2 dan 3 nya? karena saat ini saya sedang magang di pertamina.. kalo noleh kirim ke alam email nyimasrachmawati@gmail.com terimakasih

    BalasHapus
  22. Permisi mbak mohon nanya, saya juga mau kerja praktek di pertamina plaju ,itu menghubunginya dengan siapa ya mbak antar proposalny?

    BalasHapus
  23. alisadikin531@gmail.com tolong bab 3

    BalasHapus
  24. Yaravita7@gmail.com mbak boleh bagi bab 3 nya

    BalasHapus
  25. Sekarnurul70@gmail.com
    mohon bagi bab 3 nya kak....

    BalasHapus
  26. Kak izin minta bab 3 lengkapnya kak 🙏🙏

    ekad64035@gmail.com

    BalasHapus